📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Bahaya Peredam Pipa AC Mobil, Sebabkan Kebakaran?

Bahaya Peredam Pipa AC Mobil

Banyak yang berinisiatif memasang peredam pipa AC mobil karena seringkali bagian ini menghasilkan panas yang berlebih. Namun, perlu diingat bahwa jika pasang peredam pipa AC mobil dilakukan secara tidak benar, hal ini dapat menimbulkan risiko serius, termasuk bahaya kebakaran yang mengancam keselamatan Anda dan kendaraan Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci mengenai bahaya pasang peredam pipa AC mobil yang tidak tepat dan mengapa hal ini dapat menyebabkan risiko kebakaran yang serius.

Bahaya Pasang Peredam Pipa AC Mobil

Memasang peredam pipa AC mobil dianggap mampu meredam panas yang berlebih dari pipa AC mobil. Padahal hal ini bisa berisiko buruk untuk mesin dan bahkan bisa menyebabkan kebakaran. Inilah mengapa pasang peredam pipa AC mobil bisa sebabkan kebakaran:

  1. Korsleting Listrik

Salah satu bahaya utama yang terkait dengan pasang peredam pipa AC mobil yang tidak tepat adalah risiko korsleting listrik. Jika pipa-pipa AC terletak terlalu dekat dengan komponen listrik lainnya atau terlalu dekat dengan sumber panas, seperti knalpot, ada kemungkinan terjadinya kontak antara kabel listrik dan pipa AC. Jika ini terjadi, dapat terjadi percikan listrik yang dapat memicu kebakaran.

  1. Kebocoran Bahan Bakar

Selain risiko korsleting listrik, pasang peredam pipa AC mobil yang tidak tepat juga dapat menyebabkan kebocoran bahan bakar. Jika peredam pipa AC mobil terpasang terlalu dekat dengan tangki bahan bakar atau saluran bahan bakar, ada risiko kebocoran yang dapat mengakibatkan tumpahan bahan bakar di dalam ruang mesin. Bahan bakar yang bocor dapat dengan mudah terbakar jika terjadi kontak dengan sumber api atau panas, menyebabkan kebakaran yang berpotensi merusak kendaraan Anda.

  1. Kurangnya Ventilasi

Ventilasi yang tidak memadai akibat pasang peredam pipa AC mobil yang tidak tepat juga dapat menyebabkan risiko kebakaran. Ketika peredam pipa tidak terisolasi dengan baik atau menghalangi ventilasi yang seharusnya, panas yang dihasilkan oleh sistem AC tidak dapat disirkulasikan dengan efisien. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan panas di sekitar peredam pipa, meningkatkan kemungkinan terjadinya kebakaran.

  1. Kontak dengan Bahan Mudah Terbakar

Pasang peredam pipa AC mobil yang tidak tepat juga dapat meningkatkan risiko kontak dengan bahan mudah terbakar. Jika pipa AC terletak terlalu dekat dengan bahan yang mudah terbakar, seperti kabel, tali, atau bahan isolasi, ada risiko terjadinya gesekan atau panas berlebih yang dapat memicu kebakaran. Penting untuk memastikan bahwa pipa AC terisolasi dengan baik dan tidak berdekatan dengan bahan-bahan yang rentan terbakar.

Alih-alih memasang peredam pipa AC mobil, sesungguhnya membersihkan AC mobil jauh lebih efektif apabila ingin menjaga kinerja AC mobil dari berbagai kerusakan, salah satunya pipa AC mobil yang overheat.

Cara Membersihkan AC Mobil Sedan Toyota Vios

Membersihkan AC mobil memang jadi satu opsi pertimbangan yang banyak direkomendasikan untuk jaga komponen AC mobil, alih-alih pakai peredam pipa AC mobil. Tapi jenis mobil yang digunakan juga perlu jadi bahan pertimbangan, karena mobil yang berbeda kerap mendapatkan perhatian khusus. Salah satunya mobil sedan, yang sistem AC mobilnya terintegrasi dengan sistem ventilasi. Mengambil contoh dari Toyota Vios, berikut adalah cara membersihkan AC mobil sedan Toyota Vios:

  1. Matikan Mesin dan Buka Jendela

Sebelum memulai proses pembersihan, pastikan mesin mobil dalam keadaan mati dan buka jendela untuk sirkulasi udara yang baik. Hal ini akan menghindari masuknya bau atau debu ke dalam kabin saat membersihkan AC.

  1. Periksa Filter Udara

Mulailah dengan memeriksa filter udara di dalam mobil. Pada Toyota Vios, filter udara AC biasanya terletak di belakang kompartemen sarung tangan. Lepaskan penutupnya dan periksa apakah filter tersebut sudah kotor atau rusak. Jika kotor, bersihkan dengan membersihkan debu dan kotoran dengan lembut atau gantilah dengan yang baru jika perlu.

  1. Membersihkan Saluran Pembuangan Air

Saluran pembuangan air AC dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman dan jamur jika tidak dibersihkan secara teratur. Cari saluran pembuangan air di dalam mesin mobil dan pastikan tidak ada sumbatan atau kotoran di dalamnya. Gunakan sikat kecil atau tusuk gigi untuk membersihkannya dengan lembut.

  1. Gunakan Pembersih AC

Untuk membersihkan evaporator dan saluran AC, gunakan pembersih khusus AC yang tersedia di pasaran. Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan pembersih. Biasanya, Anda perlu menyemprotkan pembersih ke dalam ventilasi AC dan biarkan bekerja selama beberapa waktu.

  1. Nyalakan AC dan Sirkulasi Udara

Setelah pembersih bekerja, nyalakan mesin mobil dan hidupkan AC pada suhu paling rendah dan kecepatan paling tinggi. Biarkan AC bekerja selama beberapa menit untuk mengeringkan dan membersihkan evaporator secara menyeluruh. Selama proses ini, pastikan sirkulasi udara dalam mobil berjalan dengan baik dan jendela tetap terbuka.

  1. Periksa Hasil Pembersihan

Setelah beberapa menit, periksa apakah AC berfungsi dengan baik dan tidak ada bau yang tidak sedap. Jika ada bau yang masih tercium atau masalah lain yang muncul, sebaiknya konsultasikan dengan mekanik terpercaya untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Cara Membersihkan AC Mobil MVP Premium Toyota Alphard

Lain mobil lain pula cara membersihkan AC mobilnya, termasuk pada mobil MVP premium. Mobil MVP premium umumnya memiliki komponen yang lebih kompleks dibandingkan AC mobil biasa sehingga penanganannya perlu rinci. Mengambil contoh dari Toyota Alphard, berikut adalah cara membersihkan AC mobil MVP premium dari Toyota Alphard:

  1. Matikan Mesin dan Buka Jendela

Langkah pertama sebelum membersihkan AC adalah memastikan mesin mobil dalam keadaan mati dan buka jendela untuk sirkulasi udara yang baik. Hal ini akan mencegah masuknya bau atau debu ke dalam kabin saat membersihkan AC.

  1. Periksa dan Bersihkan Filter Udara

Periksa filter udara AC yang terletak di dalam kabin mobil, biasanya di belakang kompartemen sarung tangan. Lepaskan penutupnya dan periksa apakah filter udara sudah kotor atau rusak. Jika kotor, bersihkan filter dengan lembut menggunakan kuas atau gantilah dengan filter yang baru jika diperlukan.

  1. Periksa dan Bersihkan Saluran Pembuangan Air

Periksa saluran pembuangan air AC pada Toyota Alphard yang terletak di bagian bawah mobil. Pastikan tidak ada sumbatan atau kotoran yang menghalangi aliran air. Gunakan sikat kecil atau tusuk gigi untuk membersihkannya dengan lembut dan pastikan saluran bebas dari hambatan.

  1. Gunakan Pembersih Khusus AC

Gunakan pembersih khusus AC yang sesuai dengan merek dan model mobil Anda. Semprotkan pembersih tersebut ke dalam ventilasi AC sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan. Pembersih khusus AC akan membantu membersihkan evaporator dan saluran AC dari kuman, jamur, dan bau tidak sedap.

  1. Nyalakan AC dan Biarkan Bekerja

Nyalakan mesin mobil dan hidupkan AC pada suhu terendah dan kecepatan tertinggi. Biarkan AC bekerja selama beberapa menit agar pembersih dapat merata ke seluruh komponen AC. Proses ini akan membantu menghilangkan kuman, jamur, dan bau tidak sedap dari sistem AC.

  1. Periksa Hasil Pembersihan

Setelah beberapa menit, periksa apakah AC berfungsi dengan baik dan apakah ada perubahan pada kualitas udara di dalam kabin. Pastikan tidak ada bau tidak sedap atau masalah lain terkait dengan AC. Jika masih ada masalah, sebaiknya konsultasikan dengan bengkel atau mekanik terpercaya untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Membersihkan AC mobil memang jadi opsi yang lebih baik daripada memasang peredam pipa AC mobil untuk perawatan AC. Sebab jika memasang peredam pipa AC mobil, terutama dengan material yang buruk, potensi kebakaran di mobil juga jauh lebih besar.

Untuk pembersihan AC mobil terpercaya, percayakan pada layanan cuci AC mobil di Dokter Mobil adalah satu pilihan terbaik yang bisa Anda coba untuk perawatan AC mobil agar lebih paripurna.

Hadir sebagai bengkel spesialis AC mobil terbaik dan terpercaya di Indonesia, layanan cuci AC mobil tanpa bongkar di Dokter Mobil merupakan pionir cuci AC mobil tanpa bongkar di Indonesia. Dengan peralatan canggih, teknisi ahli, dan SOP sistematis, jelas cuci AC mobil tanpa bongkar ini bisa bersih maksimal tanpa tinggalkan kotoran dan noda sedikitpun.

Sudah resmi mengantongi sertifikasi ISO 9001:2015 Quality Management System dan memiliki masa garansi yang bisa diklaim di seluruh cabang Dokter Mobil di Indonesia, mensyaratkan bahwa layanan cuci AC mobil tanpa bongkar di Dokter Mobil begitu terpercaya kualitasnya.

Tertarik coba langsung layanan cuci AC mobil tanpa bongkar di Dokter Mobil? Beberapa titik lokasi cabang Dokter Mobil ini bisa dengan mudah Anda tuju:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Pastikan untuk lakukan reservasi agar Anda bisa langsung dapatkan penanganan tanpa harus menunggu antrean.

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi Dokter Mobil dengan cara klik tombol reservasi di bawah ini!

Karena apapun masalah AC mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️